Kuliner, Lifestyle

Oleh-oleh Khas yang Tidak Kekinian dari Berbagai Kota

Kali ini saya akan membahas mengenai beberapa oleh-oleh khas daerah di beberapa Kota di Jawa. Mengapa disebut oleh-oleh tidak kekinian? Karena yang saya tulis disini merupakan buah tangan khas daerah setempat, yang sudah lama dikenal oleh masyarakat. Maraknya public figure akhir-akhir ini yang membuat usaha oleh-oleh kekinian, telah memunculkan pertanyaan baru untuk saya; akankah oleh-oleh asli yang sudah sejak lama ada di kota-kota tertentu akan tergeser dengan adanya oleh-oleh kekinian para artis? 

Saya melihat di media sosial instagram, ada banyak sekali artis yang membuat usaha kue kekinian dengan menambahkan nama Kota di  produk yang mereka buat. Melihat animo masyarakat yang sangat antusias dengan usaha para artis tersebut, saya pikir mereka (artis-artis) tersebut telah sukses mengambil hati masyarakat. Masyarakat “tidak peduli” mengantri lama berjam-jam demi mencicipi kue kekinian para artis. Dan ya, memang kue kekinian itu enak, saya pikir. Saya sudah pernah mencobanya karena penasaran. Meski serupa tapi tak sama, masyarakat tetap antusias menyambut oleh-oleh kekinian para artis yang terus bermunculan di setiap daerah di Tanah air.

Tapi tunggu, masih ingatkah kita dengan oleh-oleh asli daerah setempat? Yuk kita simak bersama-sama!

1. Bandung

Apa oleh-oleh yang asli dari Kota Bandung? Ups, jauh sebelum kue kekinian yang sedang digandrungi itu muncul, Bandung sudah memiliki oleh-oleh khas yang tak bisa dilupakan oleh wisatawan  yang sedang bertandang kemari. Sebut saja ada Peuyeum, Surabi, Batagor, Cireng, Martabak, dan lain sebagainya.

oleh oleh daerah - catatanbundabia
Batagor yang menjadi oleh oleh khas Bandung (photo cr : goodindonesianfood.com)
Surabi dengan berbagai rasa (photo cr : parisvanjava.web.id)

Kini sudah banyak inovasi yang dilakukan oleh para penjual untuk semakin menarik minat pembeli. Sebut saja Surabi, kini tak hanya menyajikan saus kinca ataupun oncom saja, namun sudah banyak dikreasikan dengan keju, custard, susu, sosis, daging, dan lain-lain. Begitu pula dengan Martabaknya yang kini sudah berinovasi dengan berbagai rasa. Menarik ya? Belum lagi batagor. Di Bandung terkenal pula dengan Batagornya yang sudah legendaris dari jaman dahulu, yakni Batagor Kingsley dan Batagor Riri, yang cocok sekali untuk menjadi buah tangan ketika sedang berkunjung ke Kota yang dijuluki Kota Kembang ini.

(Baca : 4 Rekomendasi Martabak Manis di Bandung)

2. Garut

Garut adalah salah satu kota yang sangat sulit dipisahkan dari oleh-oleh khas nya dari sejak dulu, yakni Dodol! Jika sedang bertandang ke Garut, dodol sudah pasti menjadi oleh-oleh yang tak terlewatkan. Namun ternyata ada juga oleh-oleh lain dari Kota yang terkenal akan kerajinan kulitnya ini selain dodolnya yang enak, contohnya seperti Opak, Kerupuk dorokdok, Burayot, Chocodot, sampai tas dan jaket kulit!

Chocodot, cokelat khas Garut yang sering menjadi oleh-oleh (photo cr : food.detik.com)

Betul, disini terdapat tempat yang menjual banyak sekali produk-produk kulit asli dengan harga yang lebih murah dibanding dengan Toko dan Outlet-outlet. Tepatnya di Jalan Sukaregang, Kabupaten Garut, Kecamatan Garut Kota. Jadi, siapkan dompetmu, karena ada banyak sekali oleh-oleh yang bisa dibeli dari Kota Garut ini!

 

3. Semarang

Semarang merupakan Ibu Kota Jawa Tengah yang memiliki Kuliner asli yang tak kalah enak dari Kota-kota lainnya. Jika sedang mengunjungi Semarang, dan bingung ingin membeli oleh-oleh apa untuk keluarga dan sahabat, Anda bisa memilih Lumpia Semarang sebagai buah tangan.

Lumpia Semarang yang sudah lama menjadi oleh oleh khas Semarang (photo cr : id.openrice.com)
Tahu Bakso yang menjadi oleh-oleh tak terlupakan dari Semarang (photo cr : tokopedia.com)

Lumpia yang terkenal dengan aroma rebungnya yang khas itu dapat mudah dijumpai di Kota ini. Selain Lumpia, ada juga Tahu Bakso yang menjadi oleh-oleh khas Ungaran, Kabupaten Semarang. Dan yang tak kalah ketinggalan adalah Bandeng Presto. Bandeng Presto menjadi oleh-oleh Semarang yang tak kalah pamornya dengan Lumpia. Saya termasuk orang yang suka sekali dengan Bandeng disini, karena selain enak, bandeng presto juga aman dikonsumsi anak-anak karena durinya yang lunak. Selain itu masih ada lagi Wingko Babat nya yang terkenal, dan macam-macam kuliner lainnya yang yang tak kalah rasa. Ah membuat saya ingin kembali mengunjungi Kota ini lagi!

 

4. Klaten

Kabupaten yang dekat sekali dengan Jogja dan Solo ini juga memiliki beberapa oleh-oleh yang cocok untuk dibawa sebagai buah tangan untuk keluarga dan teman. Ada Keripik belut, Rempeyek, Belut goreng, Intip (Kerak nasi), dan lain-lain.

intip klaten - catatanbundabia
Intip (Kerak nasi) yang menjadi salah satu oleh-oleh asli Klaten (photo cr : satelitsolo.blogspot.co.id)

Namun jika saya berkunjung kesini, saya lebih suka mencicipi kulinernya yang selalu membuat saya kangen. Sebut saja Opor Bebek Bu Yadi, Ayam Bakar Pak Kamto Jatinom, dan Sop Ayam Pak Min. Lah ini termasuk oleh-oleh tidak ya? Hmm jadi rekomendasi saja lah bagi siapapun yang sedang mengunjungi tempat ini hihihi.

 

4. Jogjakarta

Tidak sulit memikirkan buah tangan apa yang akan dibawa untuk keluarga dari Kota Pelajar ini. Sebut saja Bakpia Pathok! si kue kecil yang lezat ini banyak sekali dijajakan di toko oleh-oleh Jogja.  Dengan menawarkan berbagai varian rasa yang lezat, seperti kacang hijau, kumbu hitam, keju, durian, stroberi, dan lain sebagainya, Bakpia menjadi oleh-oleh yang sangat khas dari Kota ini.

oleh oleh kekinian - catatanbundabia
Gudeg kalengan yang bisa menjadi oleh-oleh jika mengunjungi Kota Jogja (photo cr : santapjogja.com)
Walang goreng rasa pedas. Berani coba? (photo cr : bukalapak.com)

Namun jangan salah, selain bakpia, ada pula makanan lain yang tak kalah enaknya, seperti Yangko, Geplak, Gudeg, Cokelat Monggo, sampai dengan Belalang goreng atau dikenal dengan walang goreng yang berasal dari Gunungkidul. Nah yang terakhir itu saya belum berani coba hahaha. Tapi bagi orang-orang yang sudah mencobanya, katanya sih walang goreng itu sangat enak. Hmm, jadi penasaran kan? Oh ya selain makanan, Jogja juga memiliki buah tangan lain seperti batik, dan kerajinan.

 

6. Surabaya

Hayoo siapa yang suka nitip sambal Bu Rudy kalau ada teman atau keluarganya yang akan ke Surabaya?? Mungkin tidak akan sedikit yang mengacungkan jari. Sambal yang terkenal akan kelezatannya itu sudah menjadi oleh-oleh wajib tiap berkunjung ke Kota Pahlawan ini.

Kue Lapis lembut Spikoe khas Surabaya (photo cr : agenkuliner.com)
oleh oleh kekinian - catatanbundabia
Sambal Bu Rudy yang tak hanya dikenal di Surabaya, namun sudah ke berbagai Kota (photo cr : sambaliburudy.blogspot.co.id)

Selain Sambal Bu Rudy, ada juga Kue lapis Spikoe Resep kuno yang sudah sejak lama menjadi oleh-oleh khas Kota ini. Selain Spikoe, ada juga kerupuk ikan kenjeran,  Petis, Lapis kukus, Almond Crispy Cookies, dan lain sebagainya. Saya memang belum pernah berkunjung ke Ibu kota Jawa Timur ini, tapi kalau oleh-olehnya sih saya sudah sering mencobanya, dan memang enak-enak!

Nah sekarang kembali ke pilihan masing-masing, lebih suka membeli yang mana, oleh-oleh kekinian yang sedang trend atau oleh-oleh yang sudah lama menjadi khas daerah tersebut? kembali ke pilihan masing-masing. Kalau saya si lebih suka oleh-oleh tradisional 🙂

4 Comments

  1. Menurut saya oleh2 tradisional rasanya lebih enak dan tidak membosankan. Kalo yg kekinian, makan maksimal dua potong pun sudah eneg 😀

    1. Iya teh oleh oleh tradisional mah tetep yg paling enak hahaha
      Saya jg pernah nyicip kue kekinian yg lagi booming itu, tapi rasanya enak enak yg biasa aja.. ga seheboh keliatannya

  2. I love traditional culinary so much, but I am so sad cause some of this time the culinary traditional lose the caracther:”””””” much product coe at one area and make it pushhh

  3. aku emang lbh suka makanan tradisonal …

Leave a Reply

Required fields are marked*