Parenting, Tips

Tips membawa Balita ke Restoran

messybaby

kenapa musti pake tips segala? wih jangan salah, bawa balita makan di luar itu terkadang susah! kebayang ga, kita ke restoran niatnya mau makan udah laper banget, sementara si kecil rewel ga mau diem di kursi bayinya. eh abis dikeluarin dari kursi bayi, di malah ngeluyur kemana-mana, atau ga ngacak ngacak meja makan. kita selaku orang tua (yang lagi kelaperan) cuma bisa gantian makan untuk ngejagain si kecil.

pengalaman pribadi banget ini. anak saya juga gitu soalnya, ga mau diem di kursi bayi, malah naikin kursinya duh. kalo saya dan suami sih punya beberapa tips dalam membawa anak makan di luar :

  1. Rencanakan waktunya, kalau bisa jangan sampai ketika si kecil sudah sangat lapar, dan sudah sangat mengantuk, biasanya dia akan marah. kalau sudah sangat lapar, berilah cemilan yang dibawa dari rumah. Jam nya harus disesuaikan dengan jadwal si anak. jika siang itu jadwalnya si anak harus tidur, maka biarkanlah dia tidur terlebih dahulu sebelum berangkat ke restoran.
  2. Pilih tempat makan yang cocok, cari restoran yang ada no smoking area nya yah.. lindungi si kecil dari bahaya asap rokok. cari tempat yang nyaman, aman, dan memiliki menu makanan yang cocok untuk dimakan si kecil.
  3. Amankan meja makan, maksudnya agar si kecil tidak bisa menjangkau pisau, garpu, piring atau apapun yang sekiranya bahaya untuk diberikan. kalau si kecil nangis ingin main, berikan saja tissue, dan benda-benda yang terbuat dari plastik yang ada disana. kalau masih rewel, berikan dia cemilan atau susu UHT.
  4. Pilih posisi tempat duduk yang nyaman, maksudnya yang agak jauh dari kebisingan dan nyaman. kan kasian kalau si kecil tiba-tiba kaget mendengar orang yang tertawa atau berbicara terlalu keras. pernah kan kita menemukan pengunjung restoran yang seperti ini?
  5. Sedia Video kesukaan di tablet dan ponsel, ketika pesanan sudah datang, kita bisa memutar video kesukaan si kecil seperti pororo, masha and the bear, mickey mouse dan sebagainya, agar kita bisa makan dan menyuapi si kecil. abaikan prinsip “saya tidak mau membiasakan anak makan sambil nonton” untuk sementara, karena memang terdesak, kecuali kita membawa pengasuh, atau mau bergantian makan dengan si ayah. opsional aja sih.
  6. Suapi anak terlebih dahulu, biasanya si anak ketika melihat pesanan sudah datang, dia langsung semangat ingin mencicip. suapi saja dia terlebih dahulu agar tidak rewel, jika si kecil memberi tanda sudah tidak mau, baru lah giliran kita yang makan.
  7. Jalani dengan santai dan sabar, membawa anak kecil ke tempat umum memang cukup menantang, namun kita sebagai orangtua jalani saja dengan santai dan penuh kesabaran. rasa ingin tahu si anak yang sangat tinggi, kadang menyulitkan kita untuk mengikuti kemauannya. saya pun tak jarang dibuat kesal oleh tingkah anak sendiri, apalagi di tempat umum. Jika kondisinya memang sudah tidak memungkinkan, maka bawa pulang saja makanannya.

oh iya satu tips tambahan lagi dari saya; apapun makanannya, pesanlah air mineral sebagai minuman untuk si kecil. karena tentunya lebih sehat, ketimbang jus-jus yang gulanya sangatlah banyak. Jika si kecil memang ingin jus, kurangi takaran gula dan es nya. namun biasanya setelah minum jus, tetap saja si kecil haus, karena itu lebih baik pesankan air mineral saja.

semoga tips nya bermanfaat, ya!

1 Comment

  1. “jalani dengan santai dan sabar”

    wooosaaaahhh~~ inhale exhale

    wkwkwkwkw

    ciye ciyeee alamat baruuu.. tumpengan duonnggg

Leave a Reply

Required fields are marked*